Kamis, 10 Agustus 2017

Perbandingan Kecakapan Relative Manusia dan Komputer

Perbandingan kecakapan Relative manusia dan Komputer


Pemodelan System Pengolahan
Pengolahan (secara) sadar dan otomatis

     Pengolahan secara sadar, terjadi ketika ada rangsangan yang datang dibagian intelektual yang memerlukan waktu untuk mendapatkan tanggapan sesuai.Pengolahan secara otomatis terjadi karena tindakan sering terjadi dan bersifat reflek ( waktu yang singkat ). Semua tindakan berawal dari pengolahan sadar dan berkembang menjadi pengolahan otomatis.

1. Register Sensori







Register Sensori Penglihatan memiliki presentase atau kemenetapan sebesar 0.2

Register Sensori pendengaran memiliki persistensi atau kemenetapan sebesar 2 detik



2. Kanal kapasaitas rendah

Laju data masukan secara sadar mempunyai kecepatan rendah sementara laju masukan     secara tidak sadar mempunyai kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Missal :02178126732 menjadi 021-781-267-32

3. Memori Jangka Pendek

Memori jangka pendek dapat dilihat sebagai penyimpanan sementara, dan informasi yang ada disimpan dalam bentuk terkodekan bukan dalam bentuk fisik. Memori jangka pendek mempunyai kapasitas 7 sampai dengan 2 chunk informasi ( miller, 1956). Chunk berhubungan dengan segala sesuatu yang dapat dirasakan orang sebagai satu entitas yang berarti. Memori jangka pendek mempunyai waktu penyimpanan yang sangat singkat sekitar 20-30 detik.
4. Memori Jangka Panjang
Informasi dalam memori jangka pendek akan dikirim oleh memori jangka panjang dengan kesadaran penuh. Disebut belajar atau suatu proses yang berulang-ulang. Waktu penyimpanan jangka panjang hingga kini belum ada penelitinya berapa lama. Strategi yang paling banyak dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengingat jangka panjang adalah dengan cara melakukan kontrak dengan sumber informasi sesering mungkin.
5. Sikap dan kecemasan pengguna
kecemasan pengguna seringkali ditimbulkan karena adanya rasa takut berbuat salah pada sistem yang belum mereka kenal kesalahan aktifitas yag menurut dugaan pengguna dapat menyebabkan karusakan sistem dan juga tekanan dari luar pengguna. kecemasan yang berlebihan akan menimbulkan sikap negative yang pada akhirnya akan memperburuk kinerja seorang pengguna. Denga demikian sistem komputer harus dirancang agar mempunyai sifat yang ramah pengguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan, Definisi Interaksi Manusia dan Komputer dan Bidang Atau Ilmu Yang Terkait Interaksi Manusia dan Komputer

  Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)          User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau ...