Kamis, 10 Agustus 2017

Tujuan, Definisi Interaksi Manusia dan Komputer dan Bidang Atau Ilmu Yang Terkait Interaksi Manusia dan Komputer


 Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

         User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioprasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoprasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula WYSWYG ( what you see is what you get ). Mengurangi frustasi ketidakamanan dan kebingungan pada pengguna implikasi ; meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja.

Definisi Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

        IMK didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi sistem computer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena disekitarnya. IMK pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin. Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan computer.
Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain evaluasi dan implementasi dari sistem computer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.


Bidang yang mempengaruhi Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

a) Teknik elektronika / ilmu computer
   Bidang ini membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam merancang interaksi manusia dan computer.

b) Psikologi
    Bidang ini memberikan pemahaman pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motoric pengguna yang beraneka ragam contoh : button kirim wa ada di kanan.

c) Perancangan grafis dan tipografi
    Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seprti gambar akan lebih bermakna dari pada teks / tulisan. (contoh : menu icon)

d) Egronomi
    Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman contoh : desain mesin fingerscan.

e) Antropologi
    Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang berkelompok baik pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda contoh : standarisasi nilai rupiah/ indeks mata uang.

f) Linguistic
    Merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa bidang ini membantu dalam menciptakan suatu dialog yang diperlukan untuk komunikasi yang memadai antara user dan computer. Dialog ini biasanya menggunakan bahasa khusus seperti ( bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah dll.).

g) Sosiologi
    Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan computer dengan aspek social masyarakat.

h) Rekayasa perangkat lunak
    Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif efisien serta user friendly.

i) Kecerdasan buatan
   Bagian ilmu computer yang bertujuan agar computer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia . faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia contoh : auto pilot.

j) Multimedia (graphic design)
   Multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan computer. Dengan adanya multimedia ini tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti manusia ( contoh : iklan full animasi ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan, Definisi Interaksi Manusia dan Komputer dan Bidang Atau Ilmu Yang Terkait Interaksi Manusia dan Komputer

  Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)          User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau ...