Kamis, 10 Agustus 2017

Manipulasi Langsung

Manipulasi Langsung

Sifat manipulasi langsung yaitu sederhana, langsung mudah digunakan dan mudah diingat.
Ide manipulasi langsung ( preece, 1994 )
Kenampakan objek dan tindakan yang dilakukan pengguna
Cepat, dapat dibalik atau dibatalkan, tindakan yang dilakukan pengguna
Penggantian perintah yang diketik dengan tindakan menunjuk ke objek yang diinginkan.


Aspek Kognitif pada Manipulasi Langsung

Hutchin et al (1985) berpendapat bahwa dalam antarmuka manipulasi langsung (directness) memiliki peran yang sangat penting. Aspek pertama directness adalah jarak. Contoh : Jarak Eksekusi dan Jarak Evaluasi. Aspek kedua directness adalah engagement ( keterlibatan secara kualitatif).



Manipulasi Program vs Manipulasi Isi


Manipulasi program adalah cara pengguna menggunakan program aplikasi untuk menyelesaikan suatu tugas.
Manipulasi isi adalah data yang sedang diolah oleh program aplikasi tersebut.
Manipulasi program antara lain seperti menekan ( klik), scroll mouse, menggeser objek, memilih, menghubungkan sejumlah objek. Manipulasi program tidak memerlukan keahlian khusus, biasanya terfokus pada pengelolahan program itu sendiri beserta antarmukanya. Manipulasi isi menyangkut pembentukan, modifikasi, pemindahan data atau objek yang Nampak dilayar secara manual dan langsung menggunakan peranti petunjuk ( mouse ). Manipulasi isi memerlukan keahlian khusus sehingga hasilnya setiap orang akan berbeda. Contoh manipulasi isi yaiAplikasi desain grafis seperti corel draw, adobe photoshop, macromedia firework.


Fase Pada Proses Manipulasi Langsung

Proses manipulasi langsung terbagi dalam 3 fase :

Fase bebas : fase sebelum pengguna melakukan suatu tindakan. Tugas antarmuka adalah menunjukkan jenis manipulasi langsung yang dapat dilakukan pengguna berdasarkan bentuk kursor yang ditampilkan dilayar
Fase aktivasi : fase ketika pengguna memulai melakukan pergeseran.
Fase Penghentian, yakni fase setelah pengguna melepas tombol mouse.
Penerapan manipulasi langsung pada berbagai bidang.
Kontrol proses adalah suatu proses kegiatan yang ditampilkan pada layar komputer sehingga memudahkan operator dan memberikan kenyamanan dalam melakukan kegiatan.
Editor Text merupakan pengolahan data yang memberikan kemudahan kepada pengguna sehingga memberikan hasil cetakan yang ditampilkan pada layar seperti yang diharapkan pengguna.
Simulator merupakan sistem minatur yang encoba menirukan kerja suatu sistem dan dapat dipelajari yang pada akhirnya memberikan informasi tentang pelaksanaan kegiatan.
Perancangan berbasis komputer  yaitu program aplikasi yang dapat melakukan perancangan suatu sistem. Contoh : Program autocad yang dapat merancang model pesawat atau pemetaan suatu daerah dalam pendistribusian PLN atau pemetaan terhadap wilayah berisiko bencana.

Umpan Balik Visual

Kunci keberhasilan manipulasi langsung adalah adanya umpan balik visual yang lengkap. Ada 2 varian kursor yaitu :

Fase bebas ( ketika kursor bergerak )
Fase aktivasi ( ketika kursor berhenti dan klik kanan atau kiri )


Peranti Penunjuk

Mouse ( tetikus ) adalah peranti yang paling banyak digunakan sebagai peranti penunjuk.
Keuntungan dan Kerugian Manipulasi Langsung

Keuntungan Manipulasi Langsung

Mempunyai analog yang jelas dengan suatau pekerjaan nyata.
Mengurangi waktu pembelajaran.
Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata.
Penampilan visual yang bagus.
Mudah dioperasikan.
Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung.
Kerugian Manipulasi Langsung

Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar.
Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi.
Memerlukan peranti masukan seperti mouse, trackball.
Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan, Definisi Interaksi Manusia dan Komputer dan Bidang Atau Ilmu Yang Terkait Interaksi Manusia dan Komputer

  Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)          User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau ...